HTML Table

Kamis, 19 April 2018

PEMBINAAN RUTIN HIPPAM

Pada hari rabu tanggal 18 April 2018 telah diadakan Pembinaan Rutin Hippam se Kota Malang di Hotel Trio 2 Malang yang diikuti 39 Hippam yang ada di Kota Malang. Pembinaan terhadap pengurus Hippam ini sangat diperlukan untuk menuju pengelolaan air bersih yang profesional dan mandiri. Serta dapat memberikan gambaran yang jelas tentang permasalahan ketersediaan air bersih bagi masyarakat.
Pada kegiatan ini disampaikan Oleh Bpk. Ir. Asep Mulyana dari USAID yang menjelaskan tentang ketersediaan air di dalam tanah. Jumlah air yang ada sebenarnya tidak berubah. Lalu kenapa ketika hujan tiba banyak wilayah terkena luapan air hujan yang mengakibatkan banjir dan ketika musim kemarau mengalami kekeringan?. Yang ada adalah tidak adanya "Distribusi dan Pengelolaan Air"

Siklus Hidrologi adalah :
”Sirkulasi air dalam berbagai bentuk (fasa) yang bergerak secara terus menerus dari lautan menuju atmosfer, yang kemudian tercurahkan kembali ke bumi sebagai hujan  dan teruapkan kembali ke-udara dengan siklus yang tidak terputus (close cycle).”
Untuk mencapai tujuan dalam mengatasi banjir dan kekeringan adalah menambah pasokan air yang masuk ke dalam tanah dengan cara menabung dan menyimpan air di dalam tanah. 
Definisi ASR : “Pemasukan langsung air permukaan (air hujan) ke dalam akuifer (tidak tertekan) untuk pemulihan dan penambahan cadangan air tanah.”
Contoh ASR :
Sumur Resapan
Cekdam Berseri 
- Embung dan Kolam Retensi (retention dams)
Menyimpan air dengan cara tersebut diatas akan memberikan manfaat yang besar bagi ketersediaan air di dalam tanah.
Manfaat dan Kegunaan Sumur Resapan :

  • MERESAPKAN AIR PERMUKAAN (RUN-OFF) KEDALAM TANAH  CADANGAN AIR TANAH-MATA AIR MENINGKAT
  • MENAIKAN PERMUKAAN/VOLUME AIR TANAH SECARA CEPAT  ⇒ MUKA AIR SUMUR GALI/TIMBA MENJADI DANGKAL
  • MENJAGA KUALITAS SUMBERDAYA AIR TANAH      PENYARINGAN OLEH TANAH/BATUAN
  • MENAHAN DAN MENGURANGI VOLUME AIR LARIAN (RUN-OFF)   MENGURANGI (MENCEGAH) BANJIR DAN GENANGAN AIR DI HILIR
  • MELINDUNGAN LAHAN/TANAH OLEH EROSI AIR PERMUKAAN (RUN-OFF) TANAH PUCUK DAN UNSUR HARA/PUPUK TERJAGA
  • MELINDUNGI KESUBURAN TANAH   ⇒ MENGURANGI PENGGUNAAN PUPUK
  • MENJAGA KESEIMBANGAN CADANGAN AIR TANAH DI SAAT KEMARAU  ⇒ DEBIT MATA AIR/SUNGAI DAN SUMUR GALI PENDUDUK KONSTAN
  • MENJAGA KUALITAS AIR SUNGAI DAN HABITAT AIR LAINNYA  ⇒ MENGURANGI KEKERUHAN DAN SEDIMENTASI DI SUNGAI DAN DANAU
  • MENJAGA KESUBURAN TANAMAN/POHON  ⇒ TUMBUHAN PERLU AIR UNTUK DAPAT HIDUP
  • MENGURANGI KONSENTRASI POLUTAN AIR TANAH  ADANYA PENGENCERAN

Dalam kontek ketersediaan air di dalam tanah pembuatan sumur resapan sebanyak mungkin adalah solusi / cara yang tepat untuk menyimpan air di dalam tanah bukan penghijauan. Namun demikian penghijauan harus tetap dilakukan. Sehingga cadangan air didalam tanah akan semakin banyak.
Sumur Resapan adalah : "Salah satu metode rekayasa teknik konservasi air/lahan dengan membuat lubang yang berfungsi untuk menampung, menyimpan dan meresapkan air ke dalam tanah/akifer.
Contoh yang bisa dilihat dari hasil konservasi air adalah mata air senjoyo Salatiga.
Dari hasil pembinaan ini diharapkan Pengurus Hippam menjadi pelopor pembuatan sumur resapan di wilayahnya sehingga ketersedian air tanah di Kota Malang ini dapat terjaga.


BRAVO DPUPR Kota Malang dan Hippam Kota Malang

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html