HTML Table

Kamis, 26 April 2018

Menabung Air dan Menambah Pasokan Air Tanah

Air adalah salah satu zat yang paling dibutuhkan manusia dalam proses kehidupan, baik secara kualitas maupun kuantitas. Sehingga air sangat dibutuhkan dalam berbagai aktifitas sehari-hari. Baik untuk minum maupun cuci. Kondisi kesehatan masyarakat sangat ditentukan oleh tingkat ketersediaan air bersih, apabila air bersih mudah didapatkan maka dapat dipastikan tingkat kesehatan masyarakat meningkat. Karena sangat vitalnya kebutuhan air bagi masyarakat maka apabila sumber air yang ada tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan berbagai masalah. Jika musim hujan tiba terjadi banjir dimana-mana dan di musim kemarau terjadi kekeringan dimana-mana. Kenapa hal ini bisa terjadi ? terutama di kota-kota besar. Banjir terjadi karena air hujan yang masuk kedalam sebuah wilayah DAS tidak dapat menahan dan menampung air hujan. Sehingga air hujan tersebut pada saat bersamaan dan dalam waktu yang bersamaan pula mengalir ke bagian bawah (hilir). Pada waktu mengalir tersebut maka air hujan akan menyapu dan menghancurkan benda-benda yang dilaluinya. Sedangkan kekeringan terjadi karena sumber air telah habis mengalir kearah hilir pada waktu terjadi banjir, sehingga pada musim kemarau sudah tidak ada lagi sumberdaya air yang dapat keluar menjadi mata air dan air sungai. Dampak pembangunan perumahan yang sangat pesat menjadi salah satu penyebab terjadinya hal tersebut. Karena lahan-lahan yang dulunya menjadi resapan air hujan berubah menjadi bangunan perumahan.
Dan bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Menurut Bpk. Ir. Asep dari USAID yang disampaikan pada Pembinaan Rutin Hippam pada hari rabu tanggal 18 April 2018 bertempat di Hotel Trio 2 Malang :“bahwa pasokan air yang ada dibumi tidak pernah berubah, antara air yang dipakai dan ketersediaan air di bumi. Bpk. Ir. Asep mengumpamakan pada sebuah galon yang berisi air, ketika air kita minum setiap hari maka air yang di dalam galon akan berkurang dan habis. Dan agar air yang ada didalam galon tetap terisi maka galon tersebut harus diisi ulang airnya, demikian pula dengan air yang ada didalam tanah apabila diambil terus-menerus tanpa ada pemasukan air melalui resapan-resapan air tanah maka kandungan air di dalam tanah akan berkurang dan habis. Untuk itu diperlukan Reservasi air tanah dengan jalan membangun sumur-sumur resapan air sebanyak mungkin”.
Dua per tiga permukaan bumi kita ditempati oleh air, dengan komposisi perbandingan lokasi dan fasa air sebagai berikut :
  • 97,2 % merupakan air laut yang bersifat asin sebagai akibat terlarutnya berbagai jenis garam dan mineral lainnya;
  • 2,14 % sebagai es dan geltser yang membeku/fasa padat yang berada di puncak-puncak gunung yang sangat tinggi (Puncak Jayawijaya di Indonesia);
  • 0,16 sebagai air tanah yang berada dibawah permukaan tanah yang berupa air tanah dalam dan dangkal;
  • 0,009 % sebagai air permukaan yang menempati sungai, danau, situ, kolam, sawah, bendungan, dan lain-lain;
  • 0,005 % sebagai uap air yang berada dalam ruang antar butir tanah pucuk (soil) yang dapat mendukung per-akaran dan pertumbuhan tanaman;
  • 0,001 % sebagai uap air dan hujan yang berada di udara bebas.

Apabila daerah resapan hujan dapat dipertahankan sebagai hutan (secara umum) dan penggunaan lahan dapat dikontrol sedemikian rupa sehingga kemampuan daerah resapan masih tetap dapat menahan dan menampung sumberdaya air (hujan) secara baik di saat musim hujan tiba, sehingga daerah resapan air akan melepaskan sumberdaya air yang ditahannya oleh hutan dan alam secara perlahan-lahan dan sedikit demi sedikit pada waktu atau saat musim kemarau tiba, sehingga keseimbangan jumlah sumberdaya air pada waktu musim hujan dan musim kemarau akan seimbang dan terjaga dengan baik.
Untuk memperbaiki sumber daya air tanah adalah dengan melakukan Konservasi yaitu dengan cara menambah pasokan air yang masuk ke dalam tanah, dengan memperbanyak tangkapan air hujan dalam bentuk sumur resapan air hujan. 
Apa itu sumur resapan?. Sumur Resapan (SR) adalah salah satu metode rekayasa teknik konservasi air/lahan dengan membuat lubang yang berfungsi untuk menampung, menyimpan dan meresapkan air kedalam tanah/akifer.
Bagaimana persyaratan teknis sumur resapan?
Persyaratan teknis sumur resapan meliputi :
  • SR dibuat pada batuan yang stabil dan berpori/lulus air.
  • SR tidak boleh dibangun pada lereng yang curam dan front slope.
  • Sumber air dapat air hujan (atap rumah) juga air larian/permukaan.
  • Kedalaman SR harus sampai pada lapisan permeabel/lulus air.
  • SR dapat dibangun pada daerah dataran dan atau tinggian/perbukitan/gunung tergantung maksud dan tujuannya.
  • Lokasi SR jauh dari sumber polutan.
  • Bentuk, dimensi dan konstruksi SR tergantung kondisi lapangan.
  • Kedalaman SR harus diatas muka air tanah.
  • Lubang SR harus ditutup (menjaga keamanan dan keselamatan, dll)

 

Setelah melihat bentuk dan ukuran sumur resapan serta konstruksi sumur resapan tersebut, sekarang tinggal menghitung berapa biaya yang dikeluarkan untuk membuat satu sumur resapan.

Dari hasil pembinaan rutin ini akan menjadikan daya dorong bagi penggiat Hippam di Kota Malang untuk menjadi pelopor pembuatan sumur resapan dimasing-masing wilayah kerjanya terutama tempat-tempat yang banyak terkandung sumber air tanah. Sehingga nantinya sumber air bersih ini dapat dinikmati oleh anak cucu kita. Kalau tidak kita mulai dari sekarang dalam membangun sumur-sumur resapan ini maka kita tidak akan pernah dapat menabung air kedalam tanah. Dan dampak yang akan timbul nantinya adalah kurangnya pasokan air didalam tanah, sehingga dalam jangka panjang akan banyak daerah-daerah yang kekurangan air bersih.

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html