HTML Table

Kamis, 07 Maret 2019

Menanti SK Konservasi Sumber Air di Kota Malang

Dengan bertambahnya jumlah penduduk akan berimbas pada kebutuhan air bersih bagi masyarakat. Derap pembangunan perumahan yang semakin banyak menjadikan lahan-lahan untuk serapan air hujan semakin menyempit hal ini dalam jangka panjang akan menyebabkan semakin berkurangnya sumber air yang mengalir dari dalam tanah. Letak Kota Malang yang berada di cekungan merupakan wilayah yang strategis dan berlimpahnya air yang tersimpan di dalam tanah. Akan sangat ironis jika Kota Malang ke depan kekurangan sumber air bersih. Saya masih ingat betul ketika saya masih berusia belasan tahun sering mandi di kali/sungai yang airnya masih jernih dan tidak terkontaminasi limbah baik limbah rumah tangga maupun limbah pabrik. Pada saat itu air sungai mengalir dengan derasnya dan melimpah sepanjang tahun meskipun di musim kemarau. Namun saat ini sungai-sungai sudah banyak yang mengering karena debit air yang masuk ke dalam sungai tinggal sedikit.
Saat inipun Kota Malang sangat tergantung dengan sumber air yang ada di Kabupaten Malang dan Kota Batu dalam memenuhi kebutuhan air bersih warga Kota Malang. Untuk meningkatkan debit air tanah ini perlu adanya konservasi sumber air tanah. Sehingga pasokan air yang ada di dalam tanah tidak habis. Seperti sebuah bejana yang airnya diambil terus menerus maka lama-lama akan habis juga, karena jumlah yang diambil dengan persediaan air yang ada tidak seimbang. Namun apabila air dalam bejana tersebut juga terus diisi, meskipun airnya diambil tidak menyebabkan air yang ada dalam bejana menjadi habis. Demikian juga persediaan air tanah jika terus menerus diambil tanpa kita peduli untuk mengisinya kembali lama-lama air yang ada di dalam tanah juga akan habis.
Seperti yang pernah disampaikan Bpk. Asep dari IUWASH pada kegiatan “Sosialisasi Kajian Kerentanan Mata Air – Rencana Aksi (KKMA-RA) Mata Air Clumprit Kota Malang” di Hotel Swiss pada tanggal 27 Pebruari 2019 bahwa untuk mengisi kembali air tanah bukan dengan jalan reboisasi atau penanaman kembali hutan-hutan yang gundul atau lahan-lahan kosong namun yang harus dilakukan adalah dengan membuat tampungan air hujan berupa sumur-sumur resapan disekitar sumber air. Sumur-sumur resapan ini berfungsi untuk menampung air hujan. Semakin banyak sumur-sumur resapan yang dibangun akan semakin banyak air yang masuk ke dalam tanah. Kajian kerentanan mata air dan rencana aksi (KKMA-RA) adalah suatu proses kajian dan penilaian semua potensi ancaman/resiko pada suatu mata air dalam upaya untuk menentukan/membuat kegiatan pengelolaan yang efektif dan efisien, sehingga mata air tersebut dapat dimanfaatkan dengan optimal dan berkesinambungan.

Berdasarkan Sosialisasi Kajian Kerentanan Mata Air – Rencana Aksi (KKMA-RA) Mata Air Clumprit Kota Malang ada 7 kegiatan yang akan dilakukan untuk melakukan konservasi sumber air di Kota Malang, yaitu:
1. Penentuan Lokasi Dan Komitmen Pemda.
2. Kajian Kerentanan Air – Mata Air.
3. Matrik Analisis Resiko.
4. Dukungan Dan Komitmen Pemerintah.
5. Pembuatan Dokumen Rencana Aksi.
6. Integrasi Rencana Aksi Dalam Rencana Pembangunan Pemda.
7. Pelaksanaan Dan Monitoring.
Untuk mencapai tujuan konservasi sumber air ini yang harus dilakukan Pemerintah Kota Malang dengan segera adalah komitmen Pemerintah Daerah Kota Malang untuk segera membentuk Team Pelaksana Kegiatan yang diperkuat dengan adanya SK dari Walikota Malang sebagai aspek legal bagi Team Pelaksana dalam melaksanakan tugasnya. Jika konservasi sumber air di Kota Malang dapat terlaksana maka Kota Malang tidak akan kekurangan sumber air di tahun-tahun mendatang. Untuk itu perlu dukungan dari semua Stakeholder yang ada di Kota Malang agar swasembada air bersih dapat tercapai. Dengan adanya komitmen Pemerintah Kota Malang maka kegiatan kajian dan rencana aksi akan dapat segera dilaksanakan. Hal ini penting karena sangat vitalnya kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kota Malang.

Penulis : Hariyanto Sekretaris Hippam Tirta Buana
Editor : Mas Hari 

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html