HTML Table

Minggu, 20 Januari 2019

Menjalin Kemitraan Menuju Kemandirian Hippam Kota Malang

Dalam meningkatkan kemandirian hippam di Kota Malang, assosiasi hippam Kota Malang yang dipimpin oleh Bpk Arif Adi Rendra pada hari jum’at tanggal 18 januari 2019 jam 13.00 – 17.00 WIB berlokasi di rumah Bpk Zainuddin Zuhri pengurus hippam tirta mulya RW 06 Kelurahan Karang Besuki Kecamatan Sukun mengadakan pertemuan fasilitasi dengan pihak water.org yang diwakili oleh Bpk Ridwan dan Bpk. Indra (program manager water.org). Serta beberapa pengurus assosiasi dan beberapa perwakilan pengurus hippam yang ada di Kota Malang antara lain Bpk. Saifuddin, Bpk Arif Adi Rendra, Bpk. Haby, Bpk. Sujadi, Bpk. Nafik, Bpk Joko, Ibu chusnul, Ibu Nuril dan Mas Hari.
Apa dan siapa itu water.org? Water.org adalah organisasi bantuan pembangunan nirlaba Amerika Serikat yang bertujuan untuk memberikan bantuan daerah di negara-negara berkembang yang tidak memiliki akses ke air minum yang aman dan sanitasi. Water.org merupakan sebuah lembaga yang konsen terhadap kebutuhan air minum dan sanitasi. Water.org sendiri membuka kantor perwakilannya di Jakarta pada bulan mei tahun 2014. Dalam pertemuan ini dimungkinkan untuk dilakukan kerjasama percepatan pelayanan air bersih kepada masyarakat antara assosiasi Hippam Kota Malang dan pihak water.org. Kegiatan ini merupakan Program Assosiasi dalam menjalin kerjasama chaneling dengan pihak-pihak yang konsen terhadap pelayanan air bersih bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).
Water.org akan memfasilitasi terhadap percepatan pengembangan dan pengelolaan air bersih melalui akses pendanaan. Sehingga kebutuhan dana untuk pemeliharaan dan pengembangan jaringan SR dapat dipenuhi dengan resiko yang kecil. Kolaborasi pendanaan juga bisa dilakukan melalui dana hibah kelurahan/desa, dana kas dan pendanaan melalui lembaga pembiayaan. Sedangkan bentuk bantuan yang dapat diberikan oleh pihak water.org berupa pendampingan melalui kegiatan untuk meningkatkan kemampuan hippam dalam melayani kebutuhan air bersih bagi masyarakat. Pendampingan yang dapat dilakukan bisa berupa pelatihan teknis, pembukuan, dan kelembagaan.
Water.org sendiri sudah sudah bekerja sama dengan beberapa lembaga Bank UMKM dibeberapa daerah, untuk di Jawa Timur sudah bekerjasama dengan Bank UMKM Jawa Timur. Water.org kearah percepatan kerjasama akses pendanaan pemasangan jaringan rumah tangga (SR). Bank UMKM Jawa Timur memberikan pinjaman sampai dibawah 1M. Untuk produk pinjaman dibawah 50 juta pihak pendanaan tidak meminta jaminan, tapi tidak menutup kemungkinan pinjaman diatas 50 juta dengan memberikan jaminan berupa bangunan dan kendaraan. Pinjaman dibawah 50 juta diberikan terutama untuk penambahan sambungan rumah (SR) atau perbaikan pompa yang bisa difasilitasi water.org
Menurut pendapat Bpk. Joko untuk melakukan kerjasama fasilitasi ini lebih baik melalui assosiasi sehingga assosiasi hippam Kota Malang dapat mengatur dan mengidentifikasi kebutuhan hippam yang sudah ada ini untuk dapat dilakukan percepatan pelayanan air bersih bagi masyarakat.

Penulis : Hariyanto
Editor : Hariyanto

Gallery Foto Kegiatan





1 komentar:

Unknown mengatakan...

Kita jadwalkan untuk Workshop kepada 10 HIPPAM ttg Alternatif Pembiayaan SPAM melalui Pembiayaan dari Bank BPR Jatim (Bank UMKM). Selanjutnya di agendakan pembuatan proposal pengajuan pinjaman ke Bank. Kami berharap semua anggota HIPPAM menjadi nasabah Bank UMKM, sehingga bisa mendapatkan manfaat seperti peningkatan kapasitas, pelatihan pembukuan yang bankable, dll
Kami (water) hanya memfasilitasi dan mendorong tercapainya akses air bersih terutama bagi warga miskin, perempuan dan anak-anak.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html