HTML Table

Kamis, 26 April 2018

Membangun Kesadaran, Menggalang Gotongroyong

Dalam membangun kesadaran masyarakat untuk berbuat yang terbaik bagi perkembangan Hippam di RW 13 diperlukan orang-orang yang berpikiran positif. Kesadaran yang disertai keikhlasan akan dapat membangkitkan kembali nilai-nilai kemasyarakatan yang ada. Sehingga nilai-nilai sosial yang saat ini mulai terkikis oleh perkembangan zaman dapat ditumbuhkan kembali. Gotongroyong adalah salah satu budaya bangsa peninggalan nenek moyang kita yang mulai terkikis bahkan hilang di kehidupan masyarakat perkotaan.
Untuk menumbuhkan kembali kegotongroyongan tersebut pengurus HIPPAM Tirta Buana RW 13 Kelurahan Bandungrejosari bersama-sama anggota Hippam Tirta Buana melaksanakan kerja bakti membuat akses jalan menuju lokasi Reservoir/Tandon Air Hippam Tirta Buana pada hari minggu tanggal 22 April 2018 kemarin dimulai jam 08.00 pagi. Kegiatan yang dimotori oleh Bpk Ganden salah satu anggota/pelanggan Hippam Tirta Buana ini akhirnya dapat berjalan lancar sehingga akses jalan menuju ke Reservoir/Tandon Air dapat terealisasi. Tinggal kedepan untuk dilakukan pengerasan jalan dengan dirabat atau pavingisasi sepanjang 50 m. Dengan adanya akses jalan ini diharapkan dapat mempermudah pengurus dan anggota atau teman-teman dari dinas DPUPR Kota Malang dalammengontrol dan melakukan perawatan di sekitar area Tandon dan Sumur Bor.
Tidak sampai disitu saja dengan penuh semangat kami juga melakukan pembenahan pada pipa induk yang mengalami kebocoran setelah kita coba alirkan air ke pipa induk beberapa hari sebelumnya. Dari hasil pemasangan jaringan induk yang sudah terpasang saat ini ternyata masih ada beberapa titik yang pemasangannya tidak sesuai dengan standar pengerjaan proyek, hal ini dapat diketahui setelah uji coba aliran air dari sumber air hippam. Yaitu beberapa titik sambungan pipa induk yang bocor, hal ini disebabkan karena sambungan tersebut tidak merekat secara benar dan maksimal bahkan ada yang pecah titik sambungnya (seperti Keni). Namun demikian pengurus bersama anggota/pelanggan Hippam Tirta Buana yang dikomandani oleh Bpk Sudarmadji Ketua Hippam Tirta Buana berinisiatif untuk melakukan perbaikan pada titik-titik tersebut, sehingga air dapat mengalir dengan lancar ke saluran SR anggota/pelanggan. Titik yang dikerjakan pada hari minggu tersebut setelah selesai membuat akses jalan adalah pada titik sambungan didepan gang menuju arah Reservoir/Tandon Air.
Alhamdulillah atas doa dan dukungan warga Hippam Tirta Buana perbaikan pipa yang bocor dapat diatasi dan diselesaikan meski dengan susah payah. Hal ini terjadi karena tenaga teknis kami dan warga Hippam yang membantu belum mendapatkan pelatihan teknik perbaikan pada pipa-pipa induk yang bocor dan pemasangan SR yang benar. Mudah-mudahan dengan pengalaman ini Bpk Ketua Asosiasi Hippam Kota Malang Bpk. Rendra dapat mengagendakan pelatihan bagi tenaga teknis Hippam sekota Malang. Dengan banyaknya tenaga teknis yang terampil akan memudahkan perbaikan dimasing-masing wilayah Hippam di Kota Malang.
Dengan membangun kesadaran masyarakat akan arti pentingnya air bagi kehidupan masyarakat, diharapkan akan menumbuhkan rasa memiliki keberadaan Hippam di RW 13 ini. Sehingga bila terjadi kemacetan saluran dan kebocoran pipa akan dapat ditanggulangi bersama-sama tanpa menyalahkan siapapun. Karena Gotongroyong merupakan solusi yang tepat dalam membangun kebersamaan di dalam masyarakat.






0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html