HTML Table

Rabu, 24 Oktober 2018

Sosialisasi Pentingnya Air Bersih Bagi Masyarakat


Dalam rangka pembinaan kesehatan yang ada di Kota Malang terutama pemahaman tentang pentingnya kesehatan bagi tubuh manusia. Dinas Kesehatan Kota Malang pada hari Rabu tanggal 24 Oktober 2018 melakukan kegiatan pembinaan tentang pentingnya air bagi masyarakat. Acara dimulai jam 08.30 sampai jam 12.00 WIB bertempat di gedung melati Dinas Kesehatan Kota Malang. Acara yang dihadiri oleh perwakilan dari 39 Hippam yang ada di Kota Malang, Pengurus Assosiasi Hippam Kota Malang, Perwakilan dari Puskesmas dan Staff Dinas Kesehatan Kota Malang.
Dalam kegiatan ini ada 3 pemateri yang memberikan pembinaan yaitu dr. Lusi Herawati, Arif Adi Rendra dan Bpk. Eko. Dalam kesempatan ini dr Lusi menyampaikan arti pentingnya air bagi kehidupan. Air merupakan komponen utama dalam sel tubuh manusia dimana kandungannya adalah 60-70%. Paru-paru mengandung air sebesar 90%, dalam darah sebesar 82%, otot dan kulit mengandung 70% air. Untuk aktivitas ringan kita membutuhkan air minum air minum sebanyak 2,5 liter per-hari. Air juga bisa sebagai detok bagi racun yang ada didalam tubuh, caranya dengan minum 2 gelas air hangat setiap pagi.
Air berfungsi untuk :
- Menjaga suhu tubuh.
- Memperlancar pencernaan.
- Sebagai media trasnportasi zat gizi dan oksigen.
- Sebagai metabolisme tubuh.
- Memelihara kesehatan kulit.
- Sebagai pelumas sendi.
Resiko seseorang jika kekurangan air dalam tubuhnya adalah :
1. Dapat meningkatkan resiko batu ginjal.
2. Infeksi saluran kemih.
3. Dapat menurunkan kinerja fisik dan mental.
Gejala-gejala seseorang kekuranga air adalah :
- Kehausan.
- Sakit kepala.
- Lesu.
- Perubahan mood dan lemot.
- Hidung kering.
- Urine berwarna gelap.
- Kebingungan dan halusinasi.
Air minum aman bagi kesehatan apabila memenuhi syarat :
1. Fisika
2. Mikrobiologi
3. Kimia
4. Radio aktif yang dimuat dalam parameter wajib dan parameter tambahan.

Adapun Pemateri kedua yaitu Bpk. Arif Adi Rendra, SE dari Assosiasi Hippam Kota Malang menyampaikan tentang pentingnya pelayanan air bersih oleh Hippam. Kota Malang saat ini sudah memiliki 39 Hippam dan telah melayani kebutuhan air bersih bagi masyarakat berpenghasilan rendah mencapai 10% dari kebutuhan air bersih dan 90% kebutuhan air bersih dilayani oleh PDAM.

Dalam mengukur kinerja pengurus Hippam dalam melayani kebutuhan air bersih ini ada 3 parameter penilaian kinerja Hippam yaitu :
1. Kelembagaan
2. Faktor Teknis
3. Keuangan.
Dengan semakin baiknya pelayanan air bersih ini masyarakat akan mendapatkan keuntungan yang lebih baik, yaitu :
Harga air lebih murah dibanding dengan yang lainnya.
Pasang meter baru dengan biaya yang terjangkau.
1. Mendapat pelayanan air bersih
2. Masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dapat terlayani oleh Hippam.
Apa yang dibutuhkan masyarakat untuk mengetahui kinerja pengurus Hippam. Yang dibutuhkan oleh masyarakat pemakai air minum ini adalah informasi yang benar tentang Hippam. Informasi apa saja yang dibutuhkan?.
1. Informasi tentang layak tidaknya air untuk dikonsumsi.
2. Informasi tentang budaya hemat air dan air tetap bersih.
3. Informasi tentang melestarikan sumber air.
4. Informasi tentang keberadaan dan kelembagaai Hippam

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Malang ini menghasilkan beberapa kesepakatan yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan air minum yang bersih dan sehat bagi masyarakat. Kesepakatan yang nantinya akan ditindaklanjuti oleh pengurus Hippam yang ada di Kota Malang dan dibantu oleh Dinas Kesehatan dalam pelaksanaannya adalah :
1. Melakukan pemeriksaan air Hippam 3 kali dalam setahun (pemeriksaan secara biologis) dan pemeriksaan secara kimiawi minimal 1 kali dalam setahun.
2. Pengurus Hippam menggalakkan adanya sumur resapan di masing-masing wilayah kerjanya.

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html