HTML Table

Jumat, 08 September 2017

Pentingnya Air Bersih Bagi Kesehatan Kita

Air bersih saat ini menjadi barang yang amat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Air bersih adalah air yang dipergunakan untuk keperluan sehari-hari dan kualitasnya memenuhi persyaratan kesehatan air bersih dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dapat diminum apabila dimasak.
Peraturan Menkes RI Nomor 16 tahun 2005 Tentang pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum. Terdapat beberapa pengertian mengenai air dan pengelolaan air bersih, yaitu :

  1. Air baku adalah air yang berasal dari sumber air permukaan, cekungan air tanah dan/atau air hujan yang memenuhi baku mutu tertentu sebagai air baku untuk air minum.
  2. Air minum adalah air minum rumah tangga yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum.
  3. Air limbah adalah air buangan yang berasal dari rumah tangga termasuk tinja manusia dari lingkungan permukiman.
  4. Penyediaan air minum adalah kegiatan menyediakan air minum untuk memenuhi kebutuhan masyarakat agar mendapatkan kehidupan yang sehat, bersih, dan produktif.
  5. Sistem Penyediaan Air Minum yang selanjutnya disebut SPAM merupakan satu kesatuan sistem fisik (teknik) dan non fisik dari prasarana dan sarana air minum.
  6. Pengembangan SPAM adalah kegiatan yang bertujuan membangun, memperluas dan/atau meningkatkan sistemfisik (teknik) dan non fisik (kelembagaan, manajemen,keuangan, peran masyarakat, dan hukum) dalam kesatuan yang utuh untuk melaksanakan penyediaan air minum kepada masyarakat menuju keadaan yang lebih baik.
  7. Penyelenggaraan pengembangan SPAM adalah kegiatan merencanakan, melaksanakan konstruksi, mengelola, memelihara, merehabilitasi, memantau, dan/atau mengevaluasi sistem fisik (teknik) dan non fisik penyediaan air minum
  8. Penyelenggara pengembangan SPAM yang selanjutnya disebut Penyelenggara adalah badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah, koperasi, badan usaha swasta, dan/atau kelompok masyarakat yang melakukan penyelenggaraan pengembangan sistem penyediaan air minum.

Sumber-sumber air yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan air minum adalah :

  1. Air hujan.
  2. Air permukaan tanah (surface water).
  3. Air dalam tanah (ground water).

Mengingat betapa pentingnya air bersih untuk kebutuhan manusia, maka kualitas air tersebut harus memenuhi persyaratan, yaitu :
1. Syarat fisik, antara lain:

  1. Air harus bersih dan tidak keruh.
  2. Tidak berwarna
  3. Tidak berasa
  4. Tidak berbau
  5. Suhu antara 10o-25 o C (sejuk)

2. Syarat kimiawi, yaitu:

  1. Tidak mengandung bahan kimiawi yang mengandung racun.
  2. Tidak mengandung zat-zat kimiawi yang berlebihan.
  3. Cukup yodium.
  4. pH air antara 6,5 – 9,2.
  5. Tidak mengandung kuman-kuman penyakit seperti disentri, tipus, kolera, dan bakteri patogen penyebab penyakit.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 173/Men.Kes/Per/VII/1977, penyediaan air harus memenuhi kuantitas dan kualitas, yaitu:

  • Aman dan higienis.
  • Baik dan layak minum.
  • Tersedia dalam jumlah yang cukup.
  • Harganya relatif murah atau terjangkau oleh sebagian besar masyarakat.


0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html